Rabu, 05 Februari 2014

An-Nisaa, ayat : 61-70

An-Nisaa, 176 ayat

surah / surat : An-Nisaa Ayat : 61
mp3 
وَإِذَا
dan apabila
قِيلَ
dikatakan
لَهُمْ
kepada mereka
تَعَالَوْا۟
marilah
إِلَىٰ
kepada
مَآ
apa (hukum)
أَنزَلَ
telah turunkan
ٱللَّهُ
Allah
وَإِلَى
dan kepada
ٱلرَّسُولِ
Rasul
رَأَيْتَ
kamu lihat
ٱلْمُنَٰفِقِينَ
orang-orang munafik
يَصُدُّونَ
(mereka) menghalangi
عَنكَ
dari kamu
صُدُودًا
halangan yang sangat kuat

wa-idzaa qiila lahum ta'aalaw ilaa maa anzala allaahu wa-ilaa alrrasuuli ra-ayta almunaafiqiina yashudduuna 'anka shuduudaan
61. Apabila dikatakan kepada mereka : "Marilah kamu (tunduk) kepada hukum yang Allah telah turunkan dan kepada hukum Rasul", niscaya kamu lihat orang-orang munafik menghalangi (manusia) dengan sekuat-kuatnya dari (mendekati) kamu.
SEBAB TURUNNYA AYAT: Ibnu Abu Hatim dan Thabrani mengetengahkan dengan sanad yang sahih dari Ibnu Abbas, katanya, "Abu Barzah Al-Aslami adalah seorang tukang tenung yang biasa mengadili perkara-perkara yang menjadi persengketaan di antara orang-orang Yahudi. Kebetulan ada pula beberapa orang kaum muslimin yang minta agar persengketaan di antara mereka diadili pula olehnya. Maka Allah pun menurunkan, 'Tidakkah kamu perhatikan orang-orang yang mengaku diri mereka telah beriman...' sampai dengan, '...penyelesaian yang baik dan perdamaian yang sempurna.'" (Q.S. An-Nisa 60-62)
surah / surat : An-Nisaa Ayat : 62
mp3 
فَكَيْفَ
maka bagaimanakah
إِذَآ
apabila
أَصَٰبَتْهُم
menimpa mereka
مُّصِيبَةٌۢ
musibah
بِمَا
dengan sebab
قَدَّمَتْ
perbuatan
أَيْدِيهِمْ
tangan-tangan mereka
ثُمَّ
kemudian
جَآءُوكَ
mereka datang kepadamu
يَحْلِفُونَ
mereka bersumpah
بِٱللَّهِ
dengan/demi Allah
إِنْ
sekali-kali tidak
أَرَدْنَآ
kami menghendaki
إِلَّآ
kecuali/selain
إِحْسَٰنًا
kebaikan
وَتَوْفِيقًا
dan perdamaian yang sempurna

fakayfa idzaa ashaabat-hum mushiibatun bimaa qaddamat aydiihim tsumma jaauuka yahlifuuna biallaahi in aradnaa illaa ihsaanan watawfiiqaan
62. Maka bagaimanakah halnya apabila mereka (orang-orang munafik) ditimpa sesuatu musibah disebabkan perbuatan tangan mereka sendiri, kemudian mereka datang kepadamu sambil bersumpah : "Demi Allah, kami sekali-kali tidak menghendaki selain penyelesaian yang baik dan perdamaian yang sempurna".
SEBAB TURUNNYA AYAT: Ibnu Abu Hatim dan Thabrani mengetengahkan dengan sanad yang sahih dari Ibnu Abbas, katanya, "Abu Barzah Al-Aslami adalah seorang tukang tenung yang biasa mengadili perkara-perkara yang menjadi persengketaan di antara orang-orang Yahudi. Kebetulan ada pula beberapa orang kaum muslimin yang minta agar persengketaan di antara mereka diadili pula olehnya. Maka Allah pun menurunkan, 'Tidakkah kamu perhatikan orang-orang yang mengaku diri mereka telah beriman...' sampai dengan, '...penyelesaian yang baik dan perdamaian yang sempurna.'" (Q.S. An-Nisa 60-62)
surah / surat : An-Nisaa Ayat : 63
mp3 
أُو۟لَٰٓئِكَ
mereka itu
ٱلَّذِينَ
orang-orang yang
يَعْلَمُ
mengetahui
ٱللَّهُ
Allah
مَا
apa
فِى
di dalam
قُلُوبِهِمْ
hati mereka
فَأَعْرِضْ
maka berpalinglah kamu
عَنْهُمْ
dari mereka
وَعِظْهُمْ
dan berilah mereka pelajaran
وَقُل
dan katakanlah
لَّهُمْ
kepada mereka
فِىٓ
dalam
أَنفُسِهِمْ
diri/jiwa mereka
قَوْلًۢا
perkataan
بَلِيغًا
berbekas

ulaa-ika alladziina ya'lamu allaahu maa fii quluubihim fa-a'ridh 'anhum wa'izhhum waqul lahum fii anfusihim qawlan baliighaan
63. Mereka itu adalah orang-orang yang Allah mengetahui apa yang di dalam hati mereka. Karena itu berpalinglah kamu dari mereka, dan berilah mereka pelajaran, dan katakanlah kepada mereka perkataan yang berbekas pada jiwa mereka.
surah / surat : An-Nisaa Ayat : 64
mp3 
وَمَآ
dan tidak
أَرْسَلْنَا
Kami mengutus
مِن
dari
رَّسُولٍ
seorang Rasul
إِلَّا
melainkan
لِيُطَاعَ
untuk ditaati
بِإِذْنِ
dengan seizin
ٱللَّهِ
Allah
وَلَوْ
dan jikalau
أَنَّهُمْ
sesungguhnya mereka
إِذ
ketika
ظَّلَمُوٓا۟
mereka menganiaya
أَنفُسَهُمْ
diri mereka
جَآءُوكَ
mereka datang kepadamu
فَٱسْتَغْفَرُوا۟
maka/lalu mereka mohon ampun
ٱللَّهَ
Allah
وَٱسْتَغْفَرَ
dan memohonkan ampun
لَهُمُ
untuk mereka
ٱلرَّسُولُ
Rasul
لَوَجَدُوا۟
tentu mereka mendapati
ٱللَّهَ
Allah
تَوَّابًا
Maha Penerima Taubat
رَّحِيمًا
Maha Penyayang

wamaa arsalnaa min rasuulin illaa liyuthaa'a bi-idzni allaahi walaw annahum idz zhalamuu anfusahum jaauuka faistaghfaruu allaaha waistaghfara lahumu alrrasuulu lawajaduu allaaha tawwaaban rahiimaan
64. Dan Kami tidak mengutus seseorang rasul melainkan untuk dita'ati dengan seizin Allah. Sesungguhnya jikalau mereka ketika menganiaya dirinya [313] datang kepadamu, lalu memohon ampun kepada Allah, dan Rasulpun memohonkan ampun untuk mereka, tentulah mereka mendapati Allah Maha Penerima Taubat lagi Maha Penyayang.

[313] Ialah : berhakim kepada selain Nabi Muhammad SAW
surah / surat : An-Nisaa Ayat : 65
mp3 
فَلَا
maka
وَرَبِّكَ
dan/demi Tuhanmu
لَا
tidak
يُؤْمِنُونَ
beriman
حَتَّىٰ
hingga
يُحَكِّمُوكَ
mereka menjadikan kamu hakim
فِيمَا
terhadap apa/perkara
شَجَرَ
perselisihan
بَيْنَهُمْ
diantara mereka
ثُمَّ
kemudian
لَا
tidak
يَجِدُوا۟
mereka mendapatkan
فِىٓ
dalam
أَنفُسِهِمْ
diri/hati mereka
حَرَجًا
keberatan
مِّمَّا
terhadap apa
قَضَيْتَ
kamu putuskan
وَيُسَلِّمُوا۟
dan mereka menerima
تَسْلِيمًا
penerima sepenuhnya

falaa warabbika laa yu/minuuna hattaa yuhakkimuuka fiimaa syajara baynahum tsumma laa yajiduu fii anfusihim harajan mimmaa qadhayta wayusallimuu tasliimaan
65. Maka demi Tuhanmu, mereka (pada hakekatnya) tidak beriman hingga mereka menjadikan kamu hakim terhadap perkara yang mereka perselisihkan, kemudian mereka tidak merasa dalam hati mereka sesuatu keberatan terhadap putusan yang kamu berikan, dan mereka menerima dengan sepenuhnya.
SEBAB TURUNNYA AYAT: Imam yang enam mengetengahkan dari Abdullah bin Zubair, katanya, "Zubair berselisih dengan seorang laki-laki Ansar mengenai aliran air di sebidang tanah, maka sabda Nabi saw., 'Alirilah tanahmu hai Zubair, kemudian teruskanlah aliran itu ke tanah tetanggamu!' Kata orang Ansar, 'Wahai Rasulullah! Mentang-mentang ia saudara sepupumu.' Wajah Rasulullah pun berubah merah, lalu sabdanya, 'Alirilah tanahmu, hai Zubair! Kemudian tahanlah air sampai kembali ke dinding, setelah itu barulah kamu kirimkan pada tetanggamu.'" Demikian Zubair mendapatkan haknya secara penuh, padahal pada mulanya Nabi telah mengusulkan pada mereka berdua cara yang lebih mudah. Kata Zubair, "Saya kira ayat-ayat ini, 'Maka demi Tuhanmu, mereka tidak beriman hingga menjadikan kamu sebagai hakim mengenai perkara yang mereka perselisihkan,' hanya diturunkan berkenaan dengan peristiwa itu!" Thabrani mengetengahkan dalam Al-Kabir dan oleh Humaidi dalam Musnadnya dari Umu Salamah, katanya, "Zubair mengadukan seorang laki-laki kepada Rasulullah saw. maka beliau menetapkan keputusan buat kemenangan Zubair. Maka kata laki-laki itu, 'Ia dimenangkannya tidak lain hanyalah karena ia saudara sepupunya.' Maka turunlah ayat, 'Maka demi Tuhanmu, mereka tidak beriman hingga menjadikan kamu sebagai hakim...' sampai akhir ayat." (Q.S. An-Nisa 65) Ibnu Abu Hatim mengetengahkan dari Said bin Musayab mengenai firman-Nya, "Maka demi Tuhanmu...sampai akhir ayat." (Q.S. An-Nisa 65) diturunkan mengenai Zubair bin Awwam dan Hathib bin Abu Balta'ah yang bersengketa tentang air. Nabi saw. memutuskan agar yang ketinggian dialiri lebih dulu, kemudian baru yang kerendahan. Ibnu Abu Hatim dan Ibnu Murdawaih mengetengahkan dari Abul Aswad, katanya, "Dua orang laki-laki yang bersengketa mengadu kepada Rasulullah saw. lalu diadili oleh Rasulullah. Maka orang yang merasa dirinya dikalahkan, berkata, 'Kembalikan kami kepada Umar bin Khattab.' Lalu mereka datang kepadanya, dan kata laki-laki yang seorang lagi, 'Tadi Rasulullah saw. telah memberikan putusan terhadap perkara ini, tetapi kawan ini meminta agar kami dikirim kepada Anda?' 'Begitukah?' tanya Umar. 'Benar,' ujar orang itu. Maka kata Umar, 'Tinggallah kalian di sini, menunggu saya kembali dan memberikan keputusan saya!' Tidak lama antaranya Umar kembali dengan membawa pedangnya, lalu ditebasnya orang yang meminta kembali kepadanya itu. Maka Allah pun menurunkan, 'Maka demi Tuhanmu, mereka tidak beriman...sampai akhir ayat.' (Q.S. An-Nisa 65) Tetapi hadis ini garib karena dalam isnadnya ada Ibnu Luhaiah. Tetapi ada pula saksi yang memperkuatnya yang dikeluarkan oleh Rahim dalam tafsirnya dari jalur Atabah bin Dhamrah dari bapaknya."
surah / surat : An-Nisaa Ayat : 66
mp3 
وَلَوْ
dan kalau
أَنَّا
sesungguhnya
كَتَبْنَا
Kami perintahkan
عَلَيْهِمْ
atas/kepada mereka
أَنِ
bahwa
ٱقْتُلُوٓا۟
bunuhlah mereka
أَنفُسَكُمْ
dirimu
أَوِ
atau
ٱخْرُجُوا۟
keluarlah kamu
مِن
dari
دِيَٰرِكُم
kampungmu
مَّا
tidak
فَعَلُوهُ
mereka melakukannya
إِلَّا
kecuali
قَلِيلٌ
sedikit/sebagian kecil
مِّنْهُمْ
dari mereka
وَلَوْ
dan kalau
أَنَّهُمْ
sesungguhnya mereka
فَعَلُوا۟
(mereka) melaksanakan
مَا
apa/pelajaran
يُوعَظُونَ
diberikan
بِهِۦ
dengannya
لَكَانَ
tentulah ia/demikian itu
خَيْرًا
lebih baik
لَّهُمْ
bagi mereka
وَأَشَدَّ
dan sangat/lebih
تَثْبِيتًا
menguatkan

walaw annaa katabnaa 'alayhim ani uqtuluu anfusakum awi ukhrujuu min diyaarikum maa fa'aluuhu illaa qaliilun minhum walaw annahum fa'aluu maa yuu'azhuuna bihi lakaana khayran lahum wa-asyadda tatsbiitaan
66. Dan sesungguhnya kalau Kami perintahkan kepada mereka : "Bunuhlah dirimu atau keluarlah kamu dari kampungmu", niscaya mereka tidak akan melakukannya kecuali sebagian kecil dari mereka. Dan sesungguhnya kalau mereka melaksanakan pelajaran yang diberikan kepada mereka, tentulah hal yang demikian itu lebih baik bagi mereka dan lebih menguatkan (iman mereka),
SEBAB TURUNNYA AYAT: Ibnu Jarir mengetengahkan dari As-Saddiy, dia mengatakan bahwa ketika turun ayat, "Dan sungguh, sekiranya Kami perintahkan kepada mereka, 'Bunuhlah dirimu atau keluarlah dari negerimu, maka mereka tidak akan melakukannya kecuali sebagian kecil dari mereka,' (Q.S. An-Nisa 66) maka Tsabit bin Qais bin Syammas dan seorang laki-laki Yahudi membangga-banggakan diri mereka. Kata si Yahudi, 'Demi Allah sungguh Allah telah memerintahkan kepada kami, 'Bunuhlah diri kamu,' maka kami mengerjakannya.' Dan kata Tsabit pula, 'Sekiranya Allah memerintahkan kami supaya membunuh diri kami, tentulah kami akan melakukannya.' Maka Allah pun menurunkan, 'Dan sekiranya mereka melakukan apa yang dinasihatkan kepada mereka, tentulah itu lebih baik bagi mereka dan lebih menguatkan keimanan mereka.'" (Q.S. An-Nisa 66)
surah / surat : An-Nisaa Ayat : 67
mp3 
وَإِذًا
dan kalau demikian
لَّءَاتَيْنَٰهُم
pasti Kami berikan
مِّن
dari
لَّدُنَّآ
sisi Kami
أَجْرًا
pahala
عَظِيمًا
besar

wa-idzan laaataynaahum min ladunnaa ajran 'azhiimaan
67. dan kalau demikian, pasti Kami berikan kepada mereka pahala yang besar dari sisi Kami,
surah / surat : An-Nisaa Ayat : 68
mp3 
وَلَهَدَيْنَٰهُمْ
dan pasti Kami beri petunjuk mereka
صِرَٰطًا
jalan
مُّسْتَقِيمًا
lurus/benar

walahadaynaahum shiraathan mustaqiimaan
68. dan pasti Kami tunjuki mereka kepada jalan yang lurus.
surah / surat : An-Nisaa Ayat : 69
mp3 
وَمَن
dan barang siapa
يُطِعِ
mentaati
ٱللَّهَ
Allah
وَٱلرَّسُولَ
dan Rasul
فَأُو۟لَٰٓئِكَ
maka mereka itu
مَعَ
bersama-sama
ٱلَّذِينَ
orang-orang yang
أَنْعَمَ
menganugerahi nikmat
ٱللَّهُ
Allah
عَلَيْهِم
atas mereka
مِّنَ
dari
ٱلنَّبِيِّۦنَ
para Nabi
وَٱلصِّدِّيقِينَ
dan para siddiqin
وَٱلشُّهَدَآءِ
dan para syuhada
وَٱلصَّٰلِحِينَ
dan orang-orang saleh
وَحَسُنَ
dan sebaik-baik
أُو۟لَٰٓئِكَ
mereka itulah
رَفِيقًا
teman

waman yuthi'i allaaha waalrrasuula faulaa-ika ma'a alladziina an'ama allaahu 'alayhim mina alnnabiyyiina waalshshiddiiqiina waalsysyuhadaa-i waalshshaalihiina wahasuna ulaa-ika rafiiqaan
69. Dan barangsiapa yang menta'ati Allah dan Rasul(Nya), mereka itu akan bersama-sama dengan orang-orang yang dianugerahi ni'mat oleh Allah, yaitu : Nabi-nabi, para shiddiiqiin [314], orang-orang yang mati syahid, dan orang-orang saleh. Dan mereka itulah teman yang sebaik-baiknya.

[314] Ialah : orang-orang yang amat teguh kepercayaannya kepada kebenaran Rasul, dan inilah orang-orang yang dianugerahi ni'mat sebagaimana yang tersebut dalam ayat 7 surat Al Faatihah.
SEBAB TURUNNYA AYAT: Thabrani dan Ibnu Murdawaih mengetengahkan dengan sanad yang tak ada jeleknya dari Aisyah, katanya, "Seorang laki-laki datang kepada Rasulullah saw. lalu katanya, 'Wahai Rasulullah! Anda lebih saya cintai dari diri saya, dan lebih saya kasihi dari anak saya. Mungkin suatu saat saya sedang berada di rumah, lalu teringat kepada Anda, maka hati saya tak sabar hingga saya datang dan sempat melihat wajah Anda. Dan jika saya ingat akan kematian saya dan kematian Anda, saya pun maklum bahwa tempat Anda ditinggikan bersama para nabi, saya khawatir jika saya masuk surga tidak akan sempat melihat Anda lagi.' Nabi saw. tidak menjawab sedikit pun hingga turunlah Jibril membawa ayat ini, 'Dan barangsiapa yang taat kepada Allah dan kepada rasul...' sampai akhir ayat." (Q.S. An-Nisa 69) Ibnu Abu Hatim mengetengahkan dari Masruq, bahwa para sahabat Nabi saw. mengatakan, "Wahai Rasulullah! Tidak sepatutnya kami berpisah dengan Anda, karena sekiranya Anda wafat, maka Anda akan dinaikkan di atas kami hingga kami tidak sempat melihat Anda lagi. Maka Allah pun menurunkan, 'Dan barangsiapa yang taat kepada Allah dan rasul...' sampai akhir ayat." (Q.S. An-Nisa 69) Dan diriwayatkan dari Ikrimah, katanya, "Seorang anak muda datang kepada Nabi saw. lalu katanya, 'Wahai Nabi Allah! Di dunia ini sesekali kami dapat juga melihat Anda, tetapi di hari kiamat kami tak dapat melihat Anda lagi karena Anda berada dalam surga pada tingkat yang tinggi.' Maka Allah pun menurunkan ayat ini. Lalu sabda Rasulullah saw. kepadanya, 'Kamu insya Allah berada bersama saya di dalam surga.'" Ibnu Jarir mengetengahkan pula yang sama dengan itu dari mursal Said bin Jubair, Masruq, Rabi', Qatadah dan As-Saddiy.
surah / surat : An-Nisaa Ayat : 70
mp3 
ذَٰلِكَ
demikian itu
ٱلْفَضْلُ
karunia
مِنَ
dari
ٱللَّهِ
Allah
وَكَفَىٰ
dan cukup
بِٱللَّهِ
dengan Allah
عَلِيمًا
mengetahui

dzaalika alfadhlu mina allaahi wakafaa biallaahi 'aliimaan
70. Yang demikian itu adalah karunia dari Allah, dan Allah cukup mengetahui.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar